Hits: 27

Tahukan kita bahwa bisnis yang sedang marak di masa pandemi adalah bisnis export dan import? Yaitu bisnis export dan import materi dari satu WAG ke WAG lain 🙂

Saya yakin bahwa tujuan mengirim adalah ingin memberikan informasi yang berguna dan bermanfaat untuk saudara-saudara kita, agar bisa terus belajar dan lebih paham banyak hal. Dan juga agar WAG lebih ramai dan semarak.

Vector cartoon stick figure drawing conceptual illustration of stressed man or businessman overloaded by information. Many arrows pointing at him. Concept of overload.

Namun, kita perlu bertanya balik..apakah benar kita telah memberikan informasi yang benar/akurat, baik dan berguna untuk saudara-saudara kita di WAG ini?

Ini saya share sedikit tips sedehana, langkah-langkah untuk pertimbangan sebelum kita memforward materi-materi dari satu WAG ke WAG lainnya:

  1. Apakah informasi yang akan kita forward ini BENAR dan AKURAT. Nah, ini secara terknis relatif gampang dilakukan.

a. Ciri-ciri berita hoax: Kalau ada judul-judul materi atau berita yang bombastis, biasanya berita itu TIDAK BENAR.
Contoh ada kata-kata: Teruskan ke saudara-sudara kita agar mereka semua tahu. Berbuat baiklah dengan membagi informasi yang baik ini. Baru tahu…bahwa ternyata… dst dst.


b. Cara sederhana untuk memeriksa sendiri apakah berita itu benar dan akurat atau tidak adalah dari google, dan ketik: HOAX <judul/topik beritanya>
Contoh: ada berita tentang mengatasi covid dengan uap air. Ketik di google.com : hoax mengatasi covid dengan uap air. Nanti akan muncul banyak info tentang hal itu. Dan bisa dibaca-baca dulu sendiri, apakah berita itu benar atau tidak.

Kalau kita sudah yakin bahwa berita itu benar dan akurat, kita lanjut ke langkah penyeleksian berikutnya. Kalau kita tidak yakin berita itu hal yang benar dan akurat, apalagi jika kita tahu itu berita yang HOAX dan tidak benar. STOP. Jangan pernah memforwarkan.

  1. Apakah berita itu hal yang BAIK bagi para anggota WAG kita.
    Nah, setelah kita tahu berita yang akan kita forward itu BENAR dan AKURAT, langkah selanjutnya untuk mempertimbangkan adalah memikirkan apakah berita yang akan kita forward itu BAIK bagi anggota WAG kita.
    Contoh ada berita tentang tempat pelacuran di kota A. Kita sudah check dan periksa, berita itu memang benar dan akurat. Namun apakah berita itu baik untuk para warga WAG yang akan kita kirimi. Kalau dari pertimbangan kita hal itu tidak baik, ya STOP. Tidak perlu diforward.
  2. Apakah berita itu BERGUNA bagi sebagian besar warga WAG. Nah, ini yang perlu kebijaksanaan kita untuk menyaring. Setelah kita tahu bahwa materi itu BENAR, dan BAIK. Langkah selanjutnya adalah mempetimbangkan apakah materi itu jika saya saya kirim ke WAG apakah BERGUNA bagi sebagian besar warga WAG. Apakah benar-benar bermanfaat atau kita sekedar forwad saya tanpa perlu peduli manfaatnya?

Misalnya ada berita tentang cara memasak steak daging bison agar enak. Sesudah diperiksa berita itu benar, dan baik informasinya. Tapi kita pikir lagi, apakah saudara-saudara kita di WAG ini sebagian besar punya kepentingan untuk memasak steak daging bison agar enak? apakah banyak yang suka memasak steak daging bison?. Kalau dirasa hampi semua sehari-hari memasak steak, ya berguna..tapi kalau dirasa hanya sedikit yang suka masak steak daging bison, lebih baik berita itu dikirim secara pribadi ke orang-orang yang kita tahu pasti suka makan steak daging bison.

Hal-hal lain yang perlu menjadi pertimbangan:

  1. Waktu/aktualitas: Ada berita yang benar, baik dan berguna, tapi sudah kadaluwarsa atau orang sudah banyak sekali membaca dan paham. Kejadiannya sudah lama, tidak uptodate. Misalnya ada berita informasi tentang cara melindungi diri dari Covid dengan cuci tangan. Itu berita yang benar, baik dan berguna. Tapi materi tentang itu lama kita tahu, sudah ada di mana-mana, sudah berulang-ulang dibaca, karena hampir bisa dipastikan semua anggota WAG kita sudah paham dan sudah banyak informasi tentang itu dibanyak tempat.
  2. Ukuran file dan panjang berita: Nah, ini kita juga perlu sensitif..kalau ada gambar/video yang besar-besar ukuran filenya atau berita yang panjang uraiannya. Perlu benar-benar bijaksana dan memikir lagi, karena hal ini akan membebani para pngguna WAG yang tidak berkenan. Akan secara ekonomis mempengaruhi mereka dengan pemakaian pulsa yang tidak perlu.
  3. Materi SARA: Nah, ini yang sekarang paling sering terjadi.. materi SARA dan ditambah lagi hubungan dengan politik. Satu berita yang sangat menarik dan menyenangkan untuk satu pihak, bisa menjadi sesuatu yang sangat mengganggu bagi pihak lain. Perlu disepakati di WAG itu, apakah memang terbuka membahas hal ini? Kalau disepakati tidak usah membahas materi ini, ya semua perlu disiplin untuk tidak perlu membahas materi ini.

Demikian sekilas info di pagi ini, semoga berguna. Masalah kita sekarang ini sudah bukan lagi kekurangan informasi, tapi tantangan kita sekarang adalah banjirnya informasi, dan kita perlu memilah-milah mana yang perlu kita perhatikan dan mana yang tidak. Dan ita usahakan agar kita tidak menambah masalah dengan iktu serta membanjiri informasi yang tidak berguna, apalagi yang tidak baik, dan apalagi yan tidak benar atau hoax.

Untuk WAG keluarga, akan lebih menarik, kalau kita bisa saling mengenal anggota keluarga satu dan lainnya, melihat kegiatan sehari-hari anggota keluarga kita, dan hal-hal lain yang ringan-ringan yang menyenangkan dan lucu-lucu.

Mari terus aktif meramaikan WAG keluarga agar kita bisa lebih mengenal anggota keluarga lain, bisa semakin dekat dan bisa saling bantu. Guyub rukun saklawase.

Terima kasih semoga berguna

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.