Hits: 5

Apa menurutmu materi WA yang paling nganyelke di WAG keluarga? Kalau bagiku yang paling nganyelke adalah materi WA tentang hal-hal yang diluar urusan keluarga, yang membuat suasana hati antar anggota tidak nyaman.

Contoh sederhana tentang hal-hal yang berbau politik. Saya yakin kita semua tahu, kalau ada pemimpin politik, pasti ada yang suka pemimpin itu dan ada yang tidak suka. Termasuk anggota-anggota WAG itu pasti ada yang suka dan ada yang tidak suka.

Dan level suka dan tidak sukanya bisa beragam..ada yang suka banget, ada yang tidak suka banget ada yang so-so lah…Dan terutama yang suka banget dan tidak suka banget, sudah punya pegangan sendiri-sendiri, dan lebih suka membaca hal-hal yang memang diinginkannya sesuai standpointnya.

Apalagi kalau hanya materai forward-forwardan.,..yang memang dibikin oleh orang-orangyang standpointnya sudah jelas suka banget atau tidak suka banget. Pasti materinya ini sesuai standpointnya..itupun kalau yang bikin masih agak-agak obyektif..Yang parah adalah kalau yang bikin materi memang orang yang ingin ngacau, isinya ada fakta-kata yang bener, tapi diramu sedemikian rupa dengan hal-hal yang tidak bener, sampai kelihatan kayak bener banget..parah ini..dan ini banyak.

Kalau ada yang posting tentang hal-hal baik pemimpin itu, pasti ada anggota yang suka, dan ada anggota yang tidak suka. Kalau ada yang posting hal-hal yang tidak baik dari pemimpin itu, pasti ada anggota yang seneng karena orang yang tidak disukai dicela, pasti ada yang tidak suka juga yaitu yang merasa pemimpinnya itu idolanya.

Lha terus ngapain juga posting kayak gitu yang membuat anggota keluarga lain tidak suka. Apakah tujuan membuat WAG keluarga ? apakah tujuannya untuk bisa mendidik anggota keluarga lain agar menyadari “kesalahannya” karena tidak sama pendapatnya dengan dirinya? Pasti tidak..WAG keluarga pasti dibuat untuk saling mengakrabkan antar anggota keluar, agar bisa lebih mengenal, lebih dekat karena banyak kesamaannya, terutama kesamaan keturunan..entah sama simbahnya, sama simbah buyutnya dll.

Jadi, ya posting saja hal-hal yang seperti itu..nggak usah posting hal-hal yang bikin tidak nyaman anggota lain yang tidak sependapat. Wong ya jelas nggak ada faedahnya buat keakraban keluarga. Kalau memang terlalu sayang ke anggota keluarganya dan berniat mendidik anggota keluarga lain yang tidak sependapat, lansung saja kirim ke yang ingin dididik…biar langsung jebret-jebret.

Ayo jaga persaudaraan..taulah pasti harus bagaimana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.