Mengurus perpanjangan SIM saat saat pandemi setelah gerai JCM buka kembali, ternyata gampang banget dan gerai menerapkan protokol kesehatan.  Harga sesuai tarif yang tercantum. Joss

Setelah terakhir mengurus perpanjangan SIM saya sendiri  di tanggal 16 Maret 2020, tadi pagi Senin 22 Juni 2020 saya membantu anak yang memperpanjang SIMnya. Saya  sampai di counter SiM Corner JCM (Jogja City Mall)  jalan Magelang Yogyakarta 06:30. Iya…setengah tujuh pagi.  Sudah ada sekitar lima belas orang yang duduk menunggu. Dan sekitar jam 09:00 pagi  SIM baru anak saya  sudah jadi.

 

Dokumen /uang yang harus dibawa:

  1. SIM lama ASLI dan fotocopynya 1 lembar
  2. e-KTP ASLI dan foto copynya 1lembar
  3. Uang Rp. 115.000

Lokasi SIM Corner di JCM Jalan Magelang Yogyakarta

SiM Corner di JCM berada di area gedung di P2 (lantai paling bawah). Masuk ke area tersebut melalui elevator. Kalau bingung bisa bertanya ke bapak Security di depan JCM. Kebetulan saya tadi  naik mobil online, dan turun  langsung di lantari P2, dan di depan pintu sudah tertata kursi dengan jarak-jarak yang sudah diatur dengan baik sesuai protokol kesehatan.

Jam buka

Pelayanan di mulai jam 08:00. Saran saya datang lebih awal dari jam 08:00 jika ingin mendapat nomor urut lebih awal. Saya tadi sampai di lokasi jam 06:30.  Semua pemohon menunggu di luar ruangan. Disediakan tempat duduk di luar ruangan, baik di dalam bangunan JCM maupun di area parkir.

Pemeriksaan suhu sebelum masuk ruang SIM Corner JCM
Pemeriksaan suhu sebelum masuk ruang SIM Corner JCM

Tata cara/Proses perpanjangan SIM

  1. Jam 07:00 (jam tujuh pagi) ada petugas yang datang, dan meletakkan kranjang antrian di meja  di depan  SIM Corner di JCM. Masukkan copyan berkas SIM anda ke kranjang ini untuk pengambilan antrian formulir.
  2. Tepat jam 08:00 petugas memanggil nama-nama pemohon sesuai urutan penumpukkan berkas di kranjang antrian. Kita diminta menyerahkan SIM dan e-KTP asli dan petugas meminta juga masing-masing satu copy SiM dan satu copy e-KTP untuk dijepret di formulir. Di formulir sudah ada nomornya, yang merupakan nomor antrian kita.  
  3. Mengisi formulir perpanjangan SIM. Nggak banyak data yang perlu diisi. Hanya satu lembar saja untuk satu SIM
  4. Setelah pengisian selesai, kita menunggu kembali.
  5. Jam 08:30 pelayanan dimulai. Nomor formulir 1 sampai dengan 15 diminta masuk ke dalam ruangan SIM Corner JCM. Pemanggilan berikutnya setiap kelipatan 15. Ketika masuk ruangan, sesuai protokol kesehatan saat ini, semua diukur suhunya.
  6. Tunggu panggilan sesuai nomor untuk  pemeriksaan kesehatan
  7. Sesuai urutan, akan dipanggil oleh petugas di sisi paling kiri, untuk melakukan pembayaran test kesehatan sebesar Rp. 35.000 dan diperiksa oleh dokter yang duduk disebelahnya, termasuk test membaca angka dalam mozaik warna (test buta warna)
  8. Setelah selesai pemeriksaan dokter memberikan formulir untuk dibawa ke loket kasir (Bank BRI) yang berada di sisi kanan tempat pengambilan formulir tadi
  9. Menyerahkan formulir pendaftaran dan Melakukan pembayaran sebesar Rp. 80.000 kemudian menunggu antrian foto
  10. Menunggu panggilan foto
  11. Sesuai urutan, akan dipanggil foto (pemanggilan oleh computer sesuai urutan..dengan alat antri elektronik)
  12. Setelah dipanggil, langsung menuju ke tempat foto yang berada di ujung paling kanan dari ruang SIM Corner itu
  13. Melakukan proses sidik jari, tanda tangan dan foto
  14. Setelah foto diminta menunggu  di luar ruangan. Menunggu kembali panggilan untuk menerima SIM Baru
  15. Sekitar jam 09:00 anak saya  dipanggil oleh petugas di meja depan SIM Corner JCM dan menerima SIM baru. Dan ada perubahan dibanding SIM sebelumnya selain tampilannya yang berubah juga masa berlakunya. Masa berlakunya tepat 5 tahun sesuai tanggal pembuatannya, bukan di tanggal ulang tahun lagi.

Selesai…proses yang cepat dan jelas. Terima kasih bapak Polisi.

Read: 44 times.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.