Mengurus Pajak Lima Tahunan di SAMSAT Sleman  ternyata gampang dan cepat prosesnya, meskipun pelaksanannya lumayan ribet pindah sana pindah sini.  Pembayaran sesuai tarif yang tercantum, dan semua petugas ramah memberi informasi. Joss

Setelah sebelumnya di awal pandemi mengurus perpanjangan SIM saya sendiri  di tanggal 16 Maret 2020, kemudian  22 Juni 2020 saya membantu anak yang memperpanjang SIMnya di JCM saat pandemi, pagi tadi Selasa, 29 September 2020, saya untuk pertama kali mengurus pajak lima tahunan di SAMSAT Sleman. Sampai di SAMSAT Sleman jam 7.55 pagi, mendapat urutan antrian nomor 29 dan selesai semuanya jam 09:10.  Sebenarnya nomor urutan saya 36 yang saya ambil dari pengambilan antrian, tapi ada bapak yang baik hati memberi saya nomor antriannya, nomor 29.

 

Dokumen /uang yang harus dibawa:

  1. Lembaran STNK yang ASLI (ada 2 lembar) dan fotocopynya  masing-masing 1 lembar
  2. BPKB asli dan fotocopynya 1 lembar
  3. e-KTP ASLI dan foto copynya 1lembar
  4. Uang sebesar yang tertera di STNK anda dan beaya administrasi. Tadi saya mengurus STNK mobil jazz, total Rp. 3.420.000

Jika lupa belum membawa fotocopy yang diperlukan, jangan khawatir, di lokasi pengurusan tersedia jasa layanan fotocopy yang akan langsung membantu mengcopy dan menyusunkan hasil copy sesuai yang dibutuhkan, dan memberitahu kemana anda harus pergi.

Untuk pembayaran, pastikan membawa uang tunai.

Lokasi SAMSAT Sleman

Samsat Sleman berlokasi di Jl. Magelang , Krapyak, Triharjo, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55514. Kalau jalan dari Yogya, berada di kiri jalan sebelum Polres Sleman.

Untuk mengurus Pajak Lima Tahunan, mobil langsung masuk saja ke basement gedung Samsat yang berada di sisi kiri sesudah masuk pintu Gerbang Kantor Samsat Sleman. Langsung parkir di dalam basement, di depan ruang-ruang kantor pengurusan.

Jam buka

Pelayanan di mulai jam 08:00. Saran saya datang lebih awal dari jam 08:00 jika ingin mendapat nomor urut lebih awal. Saya tadi sampai di lokasi jam 07:55, sudah banyak yang datang, dan ketika saya memgambil nomor urut, sudah mendapatkan nomor urut 36. Beruntung, ada seorang bapak uang memberi saya nomor antrian 29. Matur nuwun Pak.

Tata cara/Proses Pajak Lima Tahunan

Proses yang perlu dilakukan lumayan ribet, banyak pindah sana-pindah sini, namun jangan khawatir, karena prosesnya berlangsung cepa dan lancar, serta anda bisa langsung saja bertanya di masing-masing loket untuk bertanya proses selanjutna harus kemana.

Proses detailnya seperti ini;

  1. Ambil Nomor Antrian dan Antri mengambil Formulir check fisik

Proses pertama setelah anda memarkir kendaraan adalah mengambil nomor antrian. Nomor antrian ini berada di depan ruang dengan nama Pengesahan Check Fisik.

Dengan nomor antrian itu, langsung saja antri di depan loket *Pengesahan Check Fisik* yang paling kiri. Memang agak unik, meskipun masing-masing memegang nomor antrian, tapi tidak ada panggilan berdasar nomor antrian, namun harus antri sendiri. Jadi waktu awal antrian, para pengantri menyesuaikan antriannya berdasar nomor antrian yang dipegangnya.

Pastikan membawa semua berkas yang diperlukan di loket antrian ini:

a. Semua dokumen asli (eKTP, BPKB dan STNK)
b. Semua fotocopynya (eKTP, BPKB dan STNK)

Jika anda melakukan fotocopy di jasa layanan fotocopy di tempat ini yang berada di ujung sisi kanan, dokumen anda akan dibantu disusunkan sesuai keperluan.

Serahkan semua dokumen yang diperlukan tersebut ke petugas di loket, dan kemudianpetugas di loket akan mengembalikan semua dokumen anda ditambah formulir Hasil Pemeriksaan Cek Fisik Kendaraan Bermotor warna kuning dengan kertas agak tebal. Indahnya, semua isian yang diperlukan sudah printed. Sudah diketik di form tersebut, dan anda tidak perlu menulis apapun juga. Ceritanya dulu form ini harus diisi sendiri….

Google Photo

 

2. Check Fisik
Dengan membawa semua dokument di atas, anda perlu mencari bapak petugas yang akan membantu melakukan chek fisik kendaraan anda. Dari pengamatan saya tadi, hanya ada satu orang bapak petugas yang melakukan pengerjaan check fisik ini. Namun beliau bekerja dengan sigap dan cepat, sehingga tidak perlu menunggu lama.
Saya lihat bapak petugas tersebut sedang bekerja, dan saya dekati untuk menyerahkan form kuning saya, dan beliau langsung membantu melakukan check fisik dan menempelkan hasil pemeriksaannya ke formulir warna kuning saya.
Google Photo
3. Pengesahan check FISIK
Bawa dan masukkan formulir check fisik yang sudah diisi petugas pemeriksan check fisik ke loket pengesahan yang berada di loket sebelah loket pengambilan formulir di proses no1 di atas . Pastikan semua dokumen asli kembali anda bawa. Tadi setelah pemeriksaan fisik BPKB dan eKTP asli saya simpan di mobil, ternyata dokumen asli masih terus diperlukan di proses berikutnya.
4. Mengambil formulir Pajak 5 Tahunan
Setelah dari pengesahan check fisik, langsung antri kembali ke Loket Formulir yang berada tepat di sebelah  kanan loket pengesahan. Kembali, anda tidak perlu mengisi apapun, dan bawa semua berkas ke Lantai 1. Naik tangga di ujung kanan dari basement ini untuk menuju lantai 1.
5. Loket Penyerahan Berkas
Setelah naik ke lantai 1 yang ruangannya besar dan bersih,  langsung menuju ke resepsionist yang berada di meja paling kiri untuk diperiksa oleh petugas. Silakan menunggu di ruang tunggu yang berada di depannya, karena anda akan dipanggil nama. Tidak berapa lama akan ada panggilan setelah selesai diperiksa  berkasnya. Jika sudah komplit dan divalidasi anda akan diberi nomor antrian baru. Dan pergi ke counter 1.
Google Photo
6. Pembayaran
Dengan membawa semua berkas, anda menunggu di depan counter 1, untuk menunggu panggilan sesuai nomor antri.  Setelah nomor antrian anda dipanggil serahkan semua berkas di counter 1 paling kiri. Dan menunggu panggilan kembali. Tidak berapa lama, nama anda akan dipanggil oleh petugas BPD untuk melakukan pembayaran. Untuk mobil jazz kami tadi membayar Rp. 3.120.000,- dan langsung diminta ke counter BRI di sebelahnya untuk membayar Rp. 300.000. Setelah  melakukan semua pembayaran pajak anda duduk kembali di kursi antrian sampai dipanggil kembali di loket sebelahnya untuk menerima STNK baru anda . Cepat juga prosesnya…sekitar 5-10 menit. Ambil STNK baru, dan jangan lupa ambil plastik pembungkus STNK di meja tersebut.
Google Photo
7. Mengambil Plat Nomor
Setelah STNK anda terima, berjalan kembali ke basement. Turn kembali lewat tangga. angsung fotocopy dahulu STNK dan pajaknya. Berikan saja ke petugas fotocopynya, dan bayar Rp. 1,000,-. Petugas akan memfotocopy dan menstraples semua dokumen yang diperlukan untu mengambil plat nomor. Setelah itu masukkan semua berkas dari petugas foto copy itu  di keranjang kecil yang ada di depan loket pengambilan plat nomor. Tunggu nama  anda dipanggil (sesuai yang tertera di STNK) Siapkan STNK asli untuk mengambil plat (jangan dimasukkan plastik dulu) karena akan dilakukan pengecapan oleh petugas.
Setelah mengambil plat nomor, jangan lupa menuliskan tanda terima plat nomor di buku yang tersedia di depan loket pengambilan plat nomor.
Google Photo
Bagi saya yang baru pertama kali mengurus pajak lima tahunan di SAMSAT Sleman, ini menjadi pengalaman yang menarik. Prosesnya cepat. Hanya sekitar 1 jam, meskipun saya lihat sebenarnya masih ada ruang-ruang yang bisa diperbaiki untuk mengurangi ke ribetan antri dan pindah sana sini. Namun, lumayan lah….tidak seribet dan selama yang kubayangkan.
Google Photo

Terima kasih.

Read: 39 times.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.