Hits: 50

Ini informasi copyan dari informasi resmi di website RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

Milad 100 tahun PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta dan 14 tahun PKU Gamping Yogyakarta sangat istimewa. Lintasi zaman sehatkan bangsa sebagai tema Milad, dirayakan dengan Gowes PKU yang istimewa.

LIntasi rumah-rumah pelayanan PKU Muhammadiyah di DIY mulai dari PKU Gamping, PKU Kota, PKU Cangkringan, PKU Pakem dan PKU Nanggulan serta lintasi rute-rute epic di Yogyakarta.

Peserta akan Gowes 114 km sebagai bagian memperingati 100 tahun RS PKU Muhammadiyah Kota dan 14 tahun RS PKU Gamping, , Dalam perjalanannya akan diusahakan sebagian peserta bisa bersama-sama berkumpul di tiga Pitstop yang disediakan sepanjang rute, dan bisa kembali masuk finish dalam waktu yang tidak terlalu jauh bedanya.

Gowes bahagia sesuai kemampuan. Berangkat bersama, dan tiba di tujuan bersama-sama.

Pendaftaran dibuka hari Selasa, 3 Januari 2023 jam 20:23. Biaya pendaftaran Rp. 350.000 dengan fasilitas jersey, medali, snack and drink di semua pitstop, makan siang di lokasi finsih, dukungan teknisi, mobil ambulance/tim kesehatan, mobil loading dan fotographer profesional. Kuota peserta terbatas 350 peserta saja. Selamat mengikuti

Jadwal Penting:

  1. Pendaftaran Selasa, 3 Januari 2023 jam 20:23 di https://gowes.pkujogja.com/
  2. Pengambilan Ride Pack: Sabtu, 11 Feb 2023 jam 13:00 – 18:00 di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Jalan Wates, Jl. Nasional III KM.5,5, Bodeh, Ambarketawang, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55294.
  3. Start: Minggu, 12 Feb 2023 jam 06:00 di Halaman Depan RS PKU Muhammadiyah Gamping, Jalan Wates, Jl. Nasional III KM.5,5, Bodeh, Ambarketawang, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55294.

Pendaftaran GOwesPKU 114K

Persiapan sebelumnya:
1. Siapkan e-KTP
2. Pastikan ukuran jersey yang akan dipilih
3. No HP: nomor anda dan kontak darurat
4. Alamat email

Saat waktu pendaftaran dibuka:
1. Klik icon: PENDAFTARAN GOwesPKU114K
2. Isi form dengan data yang benar dan lengkap, lalu tekan DAFTAR
3. Peserta akan mendapatkan notofikasi QRIS untuk melakukan pembayaran
4. Lakukan pembayaran dengan QRIS tersebut paling lama 15 menit atau pendaftaran GAGAL
5. Setelah pembayaran selesai, akan mendapatkan email notifikasi.

Start dan Finish kegiatan Gowes 114km ini akan dilakukan di halaman depan RS PKU Muhammadiyah Gamping, Jalan Wates, Jl. Nasional III KM.5,5, Bodeh, Ambarketawang, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55294.

Pedoman Ukuran Jersey

Fasilitas Peserta

  1. Jersey event
  2. Refreshment di Pitstop dan waterstation 
  3. Lunch 
  4. Medis
  5. Marshall 
  6. Pengawalan dari Kepolisian 
  7. Fotografer 
  8. Evak car
  9. Medali finisher

Contact person: +62 816-671-218

Sejarah RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta

RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta milik Pimpinan Pusat Muhammadiyah didirikan oleh K.H. Ahmad Dahlan sebagai Ketua Persyarikatan Muhammadiyah atas inisiatif muridnya, K.H. Sudjak, yang pada awalnya berupa klinik dan poliklinik pada tanggal 15 Februari 1923 dengan lokasi pertama di kampung Jagang Notoprajan No.72 Yogyakarta. Awalnya bernama PKO (Penolong Kesengsaraan Oemoem) dengan maksud menyediakan pelayanan kesehatan bagi kaum dhuafa’. Pendirian pertama atas inisiatif H.M. Sudjak yang didukung sepenuhnya oleh K.H. Ahmad Dahlan. Seiring dengan waktu, nama PKO berubah menjadi PKU (Pembina Kesejahteraan Umat).

Pada tahun 1928 klinik dan poliklinik PKO Muhammadiyah pindah lokasi ke Jalan Ngabean No.12 B Yogyakarta (sekarang Jalan K.H. Ahmad Dahlan). Pada tahun 1936 klinik dan poliklinik PKO Muhammadiyah pindah lokasi lagi ke Jalan K.H. Dahlan No. 20 Yogyakarta hingga saat ini. Pada tahun 1970-an status klinik dan poliklinik berubah menjadi RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

Bersamaan dengan berkembangnya berbagai amal usaha di bidang kesehatan, termasuk di dalamnya adalah RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta maka Pimpinan Pusat perlu mengatur gerak kerja dari amal usaha Muhammadiyah bidang kesehatan melalui Surat Keputusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah No 86/SK-PP/IV-B/1.c/1998 tentang Qaidah Amal Usaha Muhammadiyah Bidang Kesehatan. Dalam Surat Keputusan tersebut diatur tentang misi utamanya untuk meningkatkan kemampuan masyarakatagar dapat mencapai derajat kesehatan yang lebih baik, sebagai bagian dari upaya menuju terwujudnya kehidupan yang sejahtera dan sakinah sebagaimana dicita-citakan Muhammadiyah. Qaidah inilah yang menjadi dasar utama dalam menjalankan organisasi RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

Berbagai perubahanyang berkembang di luar lingkungan maupun yang terjadi secara internal di dalam organisasi RS PKU Muhammadiyah. tentang keselamatan pasien, keterbatasan akses pelayanan kesehatan pada sebagian masyarakat tertentu, perkembangan ilmu dan teknologi, huge burden disease, hingga semakin terbukanya batas-batas informasi yang berimbas terhadap makin kritisnya pelanggan terhadap pelayanan kesehatan serta perubahan regulasi pemerintah, diantisipasi dengan berbagai langkah dari perbaikan saran prasarana dan Sumber Daya Insani, sehingga menjadikan RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta selain mampu bersaing dengan sarana pelayanan kesehatan yang lain juga patuh terhadap regulasi pemerintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.