Hits: 0

Awalnya biasa saja, teman-teman di Yogya pingin sepedaan ke Riau dan Sumbar. Banyak pilihan sepedaan di Riau dan Sumbar, akan sepedaan MTBan atau RB dan akan sepedaan di satu lokasi menikmati satu dua lokasi, atau sepedaan jarak jauh dari satu kota ke kota lain. Singkat cerita dipilih sepedaan jarak jauh dari satu kota di Riau ke satu kota di Sumatra Barat….jauhnya ini ukuranku lho….

Gambaran awal teman-teman di Yogya ingin sepedaan dari Pekanbaru ke Padang. Setelah bertanya ke beberapa teman, lewat Alu kami kenal teman dari PRC, Pekanbaru RoadBike Community. Awalnya menghubungi mas Dody Suwardi, dan kemudian dikenalkan juga dengan mas Yudy Utomo.

Target awalnya ingin bertanya-tanya ke teman di Pekanbaru yang sudah biasa main RB, namun semuanya bergulir dengan sangat cepat dan berbeda saat ketemu mas Yudy yang kebetulan ada acara di Yogya. Dari diskusi beberapa menit di sate Klothok Pangestu jalan Damai, didapat kesimpulan, gowes perlu dua hari, dan diusulkan berangkat dari Bangkinang sampai Payakumbuh di hari pertama dan dari Payakumbuh ke Padang di hari kedua. Cocoooook.

Mas Dodi dan Mas Yudy yang baru saja saya kenal, yang awalnya kami jadikan sumber informasi untuk mengetahui lebih banyak tentang situasi dan kondisi untuk gowes di Riau dan Sumbar, ternyata bukan saja memberikan informasi-informasi yang kami perlukan, namun sangat jauh berbeda dengan ekspektasi awal kami, mas Dodi dan mas Yudy malah menawarkan diri menjadi tuan rumah untuk kegiatan kami ini.

Banyak hal kami diskusikan bersama lewat WAG, setelah sepakat hari, tanggal kegiatan 10 dan 11 Desember 2016, titik awal dan akhir perjalanan dua hari tersebut, dukungan-dukungan logistik dan banyak hal lagi. Mas Dody dan mas Yudy malah detail melakukan kegiatan survey perjalanan, yang membuat perubahan yang cukup signifikan dari rencana awal, dan akhirnya sepakat, kami akan terbang ke Pekanbaru, kemudian jalur gowes kita ini hari pertama Bangkinang-Kelok Sembilan – Payakumbuh, dan hari kedua Payakumbuh-Bukit Tinggi – Padang Panjang – Lembah Anai – Padang dan akan kembali terbang ke Yogya dari Padang.

Gambaran dukungan logistik, mobil-mobil evakuasi, mobil pengangkut bikebox, mobil pengangkut sepeda dari Pekanbaru ke Bangkinang, mobil pengangkut tas-tas peserta dari SEEC, semua diatur dan direncanakan dengan baik oleh mas Yudy dan kawan-kawan dari PRC. Dan satu lagi hal utama yang diberikan juga adalah gambaran rencana perjalanan, titik-ttik istirahat, perkiraaan waktu perjalanan, perkiraan akan hujan di rute perjalanan,  dan gambaran jalan yang akan dilalui dalam gambaran video saat survey dengan mobil.

Mas Yudy, mas Dodi dan kawan-kawan PRC, terima kasih atas persiapan yang sudah dilakukan, dan membuat kami ingin cepat-cepat segera bertemu, dan melakukan jelajah Riau – Sumbar ini.

Terima kasih atas kasih Tuhan yang mempertemukan kami dengan banyak teman-teman yang baik hati di setiap rencana kami.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.