Butuh tetap bersepeda saat pandemi. Analisis sepedaan di luar semasa pandemi sudah saya lakukan. Beberapa kali sepedaan di luar mengacu pada hasil analisis. Tapi memang ribet protokolnya. Persiapan sebelum sepedaan. Saat bersepeda. Dan sesudah sepedaan. Lebih ribet, dan perlu usaha lebih banyak. Jadi memang jadi agak kurang nyaman.

Sepedaan di rumah menjadi salah satu pilihan. Agar lebih fun pingin menikmati virtual cycling, belum punya smart trainer. Memakai non smart trainer buat menikmati zwift menjadi pilihan menarik.

 

Ada teman ngabari di WAG,  punya ergo nganggur di rumah. Langsung WA dan dikirim ke rumah. Langsung pakai, gampang tak perlu bongkar-bongkar sepeda. Solve untuk berkeringat bersepeda di rumah.

Tantangan selanjutnya adalah fun. WA lagi teman-teman, mas Arry, mas Yoyok mas Dani…. Kabar baik, dengan non smart trainer bisa menikmati zwit. Bedanya hanya tidak bisa berubah jadi berat atau ringan kayuhannya, seperti di smart trainer.

Prinsipnya: pasang power sensor atau speed sensor. Lebih baik lagi tambahi cadence sensor.  Dan pastikan sensor bisa komunikasi dengan Zwift.

Saya coba pasang zwift di 3 tempat: IMAC, Iphone dan Samsung. Pinginnya bisa muncul di IMAC agar gambar tampil besar. Ternyata sementara saya hanya ada speed sensor di rumah dengan media transmisi ANT+. Dan ternyata hanya bisa komunikasi dengan Samsung.

Sementara saya sudah berhasil memaka Zwift  menggunakan non smart trainer:
1. hanya memasang sensor kecepatan di as roda depan.
2. komunikasi dengan HP Samsung android dengan ANT+
3. saat connect ke zwift sesuai dengan ukuran roda 26 x 1.50

Done! sudah bisa ikut track online Zwift di HP android saya.

Tantangan selanjutnya:  koq  rasanya koq kecepatan di zwift lebih dari kenyataan (perasaan saja lho)..karena saya nggak pernah nyepeda sekenceng itu di dunia nyata.

WA mas Dani lagi, dan sarannya bagus coba pakai ukuran roda yang lebih kecil misalnya 24 x 1.50. Love it.

Ada banyak pilihanb roda di zwift, dan pilih-pilih, coba-coba dan rasa-rasakan agar kira-kira kecepatan yang muncul si zwift mirip-mirip dengan kecepatan biasanya di dunia nyata. Memang perlu olah rasa, tidak tepat bener.

Gowes dulu!Jaga jarak!

 

 

Read: 31 times.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.