Menikmati dinginnya Gunung Lawu di Cemoro Kandang

Ingin merasakan dinginnya udara Eropa di daerah Solo Jawa Tengah? Silakan mencoba untuk menginap di Cemoro Kandang di lereng gunung Lawu, sekitar 45 km Timur kota Solo. Udara dingin akan menyelimuti seharian, terutama di waktu malam, suhu bisa mencapai kurang dari 10 derajat Celcius.

di’oners adalah salah satu pilihan untuk menginap di Cemoro Kandang, yang menyediakan lima buah bangunan container yang masing-masing bisa dihuni5-6 orang.

Pagi itu, hari Jum’at 8 Juli 2016 kami berenam berangkat dari Yogya menuju Cemoro Kandang, untuk menginap di homestay di’Oners. Perjalanan dari Yogya menuju Solo, kemudian berlanjut ke Tawang Mangu, dan terus lurus ke Timur menuju arah Sarangan melewati jalan baru. Jarak dari Tawang Mangu sampai Cemoro Kandang hanya sekitar 7 km, namun terus mendaki menapaki lereng gunung Lawu.

Homestay di’Oners berada di kiri jalan, disamping Pos Utama pendakian ke gunung Lawu lewat rute Cemoro Kandang. (sebelum pos Utama tersebut jika berjalan dari arah Tawangmangu). Di kiri jalan ada tulisan di’Oners dan terlihat container warna putih tempat petugas homestay berkantor. Lokasi container-container tempat menginap sedikit agak masuk ke dalam, melalui jalan tanah.

Posisi di’oners tepat di atas punggung bukit, dan dari lokasi homestay bisa melihat jalan raya Sarangan-Tawang Mangu di bawah, dan warung-warung makanan di pinggir jalan di Cemoro Kandang. Sedikit agak ke atas, di samping homestay bisa kihta lihat rumah warna biru yang merupakan Pos Utama untuk pendakian gunung Lawu lewat jalur Cemoro Kandang.

Jalur pendakian gunung Lawu yang biasa di gunakan ada dua buah, yaitu melalui Cemoro Kandang, tempat dimana di’oners berada dan lewat CemoroSewu. Jalur pendakian gunung Lawu melalui Cemoro Kandang lebih landau dibanding melalui jalur Cemoro Sewu,namun jaraknya lebih panjang, dan waktu tempuhnya lebih lama. Jalur Cemoro Kandang ini juga dikenal sebagai jalur yang biasa digunakan oleh para peziarah yang akan mengadakan kegiatan ritual di Gunung Lawu. Kadang mereka naik kuda yang disewa dari Tawang Mangu.

Menginap di’oners Cemoro Kandang memberikan satu sensasi tersendiri, selain lokasinya di lereng Gunung Lawu dan udara dingin yang sampai 8 derajat Celcius saat kami disana, tempat menginapnya di sebuah container merupakan keistimewaan yang lain. Di’oners menyediakan 5 buah container yang bisa disewa, masing-masing container bisa diisi 5-6 orang, yang terdiri dari dua buah kamari di sisi kiri dan kanan, serta di tengah tersedia kamar mandi dan ruang TV yang disediakan satu tempat tidur juga.

Click More Galleries

Bagi yang menginginkan kegiatan bersama, baik siang maupun malam, di tengah-tengah halaman di’oners tersedia satu bangunan kecil beratap namun tidak berdinding,yang bisa digunakan untuk berkegiatan. Tersedia juga track-track untuk jalan-jalan, dan juga arena permainan paint ball.

Selamat menikmati.

Read: 1164 times.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: