Raja Monyet yang Istimewa

Meskipun tidak tahu secara pasti ada berapa jenis monyet yang hidup di sekitar tempat tinggal kami, namun aku tahu mereka ada beberapa jenis yang mudah dibedakan. Ada yang berwarana hitam, ada yang berwarna ke abu-abuan ekor pendek, ada yang berekor panjang dan beberapa jenis lain, yang tinggal secara bergerombol di tempat yang berbeda pada waktu yang sama. Seingatku belum pernah kulihat dari jenis yang berbeda bermain bersama di satu tempat.

Bukan jenis-jenis monyet yang sedang ingin kubahas saat ini, namun “raja monyet”, yang saat ini sedang menarik perhatianku. Di dalam satu kumpulan monyet yang sedang bermain di satu kawasan, biasanya ada satu monyet yang sangat berbeda. Dari penampilan fisiknya, monyet satu ini sangat gagah. Badannya biasanya besar, kalau tidak ingin dikatakan gemuk. Bulu-bulunya sangat bersih, dari kejauhan terlihat sangat lembut. Sangat menarik. Beberapa kali aku lihat sanga raja ini bulunya di elus-elus beberapa monyet lain, seperti di bersihkan atau disisir oleh monyet yang lain.

38296_1518062638597_1456920_nDari cara bereaksinya jika ada manusia yang mendekat, raja monyet ini sangat amat tenang. Tidak pernah terlihat terkaget dan bereaksi cepat, apalagi panik. Nampak sangat tenang dan seperti ingin memberi pesan tidak takut pada apapun juga. Saat menyeberang jalan, ada apapun yang akan melihats di jalan, sang raja ini tetap saja dengan berjalan sangat pelan melanjutkan kemana langkah ingin dibawanya, tanpa mundur sedikitpun. Seperti beberapa hari yang lalu, ketika aku naik sepeda, dan di jarak sekitar 100 meter kulihat raja monyet ini sedang berdiri di tengah jalan. Aku beraharap monyet ini segera minggir, tetapi ternyata dia tidak minggir. Dengan sengaja berdiri tegak di tengah jalan dan menatap aku yang mendekat dengan sepedaku. Dan aku memilih untuk berbalik arah, mencari jalan lain. Kalah nyali….

Menarik melihat fenomena raja monyet ini. Sama-sama jenis monyet, namun perilakunya sangat berbeda dengan teman-temannya yang lain, yang biasanya lebih reaktif, jika didekati, baik cepat bereaksi lari menjauh dari manusia yang mendekat, atau bereaksi menantang, untuk menyerang manusia yang mendekati, namun akan mundur jika manusia menunjukkan tanda akan melawan. Kalau dengan raja monyet ini, jangan coba-coba melawan. Lebih baik menjauh, atau memasang sikap bersahabat, tidak memperlihatkan agresif ingin menyerang.

Satu lagi yang menarik. Jika akan memasuki suatu kawasan, tempat bermain baru, raja monyet ini akan berjalan terlebih dahulu, jauh di depan rombongannya, seperti ingin memastikan kondisi dan situasi aman untuk bermain-main warganya. Dan begitu juga jika ada ancaman, raja monyet ini akan berhenti di tempat, memastikan semua anak buahnya aman pergi meninggalkan ancaman, baru raja monyet ini dengan jalan yang sangat lambat melangkah pergi. Luar biasa.

Read: 116 times.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: