Gowes virtual semakin menjamur di saat pandemi. Saat gowes di rumah menjadi lebih serius dalam virtual race, orang mulai concern pada kemungkinan kecurangan. Situs web ZwiftPower.com menjadi salah satu solusi memverifikasi .Situs memeriksa”e-doping”. Situs ini memberi wahana yang terbuka bagi data pesepeda yang bersedia membuka informasi dirinya di situs ini.  Data yang diberikan seperti power, kecepatan, detak jantung dan cadence. Bisa juga dilihat perubahan power atau bobot yang tidak wajar.

Situs ini juga menjadi situs lepas pihak ke tiga yang dijadikan tempat  untuk menuangkan hasil balapan dan memverifikasi hasil suatu balapan virtual.

Menghubungkan id Zwift ke ZwiftPower ini mudah dilakukan, meskipun tidak semudah menghubungkan id Zwift ke Strava. Ayo kita lakukan bersama.

 

Menghubungkan Zwift dan Zwift Power:

Syarat:

  1. Memiliki user id Zwift
  2. Memiliki userid ZwiftPower

Proses Menghubungkan Zwift dan Zwift Power:

  1. Login ke https://my.zwift.com/profile/connections.
  2. Cari logo ZwiftPower . Jikas tulisan dibaahnya masih Opt-Out, di click agar berubah menjadi Opt-In . Dengan menset Opt-In, artinya anda setuju untuk berbagi informasi dari Zwift anda ke ZwiftPower.
  3. Jika anda belum memiliki userid ZwiftPower, masuk ke ZwifPpower.com dan daftar ke  ZwiftPower dengan meng click ikon  di layar kanan atas dan pilih Register.
    • Baca  terms and conditions dan kalau setuju click I agree to these terms.
    • Isi semua informasi yang diminta termasuk memasukkan  security confirmation code.
    • Click Submit.
  4. Untuk menghubungkan ke Zwift, pilih   Connect
    • Masukkan Zwift ID anda dan ZwiftPoewer akan men-generate 4 digit ID yang akan perlu dimasukkan ke lastname anda di Zwift. Cara mengetahui Zwift id anda bisa dilihat di penjelasan di bawah.
    • Update last name anda di  Zwift dengan menambahkan empat digit Zwift ID Personal Number  yang akan anda dapatkan dizwiftpower.com. setelah memasukkan Zwift ID anda. Tambahan 4digit ini hanya sementara. Nanti setelah selesai prosesnya bisa dihapus kembali
    • Setelah anda mengupdate nama anda di Zwift, tunggu kira-kira 1 menit, dan click Connect.

 

 

 

 

 

 

 

 

Cara mengetahui Zwift ID anda

Ini proses yang agak njlimet untuk mendapatkan Zwift ID:

  1. Masuk ke  https://zwift.com/feed dan login dengan id zwift anda.
  2. Pilih Just Me, agar menampilkan Aktivitas anda sendiri
  3. Pilih Activitas yang terbaru di paling atas
  4. Klik di gambar ikon seperti ini
  5. Akan muncul jendela ACTIVITY Setting. Dan letakkan kursor di atas tulisan DOWNLOAD FIT FILE. Lalu perhatikan di kirim bawah layar akan muncul tulisan directory dimana file tersimpan dengan format: https://s3-fit-prd-uswest2-zwift.s3.amazonaws.com/prod/<<Zwift ID>>/<<unique number>>.
  6. Nah..7 digits angka di <<Zwift ID>> itu adalah ZWIFT ID anda ….lucu yaaaa 🙂
Informasi Zwift ID anda
Informasi Zwift ID anda
Jendela ACTIVITY
Jendela ACTIVITY

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Google Photo

Sebenarnya mendapatkan Zwift ID ini bisa dilakukan juga jika anda memasang ZWIFT di DESKTOP. Zwift id anda tersimpan di  Documents > Zwift > CP. Namun kadang ada beberapa folder dengan beberapa angka disitu yang membuat kita ragu, yang mana Zwift ID kita. Kalau memang hanya ada satu, ya sudah pasti itu Zwift ID anda.

 

ZiwftPower

 

 

 

 

Selamat mencoba.

Sumber:

  1. Connecting to ZwiftPower
  2. Locating Your Zwift ID

 

 

Read: 16 times.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.