Hits: 0

Sup Empal Muntilan
Sup Empal Muntilan

Pagi tadi, Sabtu, 1 Agustus 2015, kami menjalani latihan ke dua mempersiapkan diri untuk acara Gowes Merdeka yang rencananya akan dilaksanakan hari Sabtu, 15 Agustus 2015 mengelilingi Merapi dengan jarak sekitar 100 km lebih. Bukan jaraknya yang menantang, namun elevasi puncak yang akan kami lewati di antara gunung Merbabu dan Merapi, yang memerlukan perhatian dan latihan bertahap sebelum hari H.

Latihan ke dua ini targetnya beberapa KM lebih jauh dan beberapa meter lebih tinggi dari ujung tujuan latihan Minggu lalu di Talun. Latihan ini akan melakukan poerjalanan dari Yogya ke Muntilan kemudian lanjut sampai ke Talun, daerah tanjakan pertama calon rute Gowes Merdeka dan ditambah sedikit sekitar 10 km sampai di daerah yang bernama Tlogolele. Sama seperti Minggu sebelumnya rombongan berkumpul di perempatan lapangan Dengung Sleman sesuai janji jam 05:30, meski aku datang lebih lambat. Kami bersama berangkat sekitar jam 06:30 menuju ke Muntilan, dan perjalanan yang melalui jalan raya Yogya-Semarang, kami jalani sekitar 1 jam dengan jarak sekitar 18 km. Jalan relatif datar sedikit mendaki. Dan yang membedakan lagi dari minggu lalu, hari ini kami makan pagi besama di warung Sup Empal Muntilan, yang rencananya akan menjadi tempat regrouping saat gowes merdeka nanti. Sup dan empalnya josss, uenak banget.

Tlogolele
Tlogolele
Tlogolele
Tlogolele

Segera sesudah sarapan Sup empal kami melanjutkan perjalanan lurus menuju Talun. Jalan memang relatif lurus dan mulus, tetapi sangat konsisten terus mendaki, terus mendaki melewati kantor kecamatan Dukun, masih terus mendaki melewati pasar Talun, dan kami masih terus berlanjut sampai kira-kira 9 km dari Muntilan, di suatu pertigaan jalan yang rencananya akan menjadi tempat regrouping ke dua nantinya. Memang jalan tidak tajam mendaki, hanya sedikit mendaki, namun terus menerus, mirip seperti kami melakukan perjalanan menuju ke Pakem dari Yogya, hanya jaraknya lebih pendek. Jarak yang tidak lebih dari 10 km ini kami tempuh dalam waktu sekitar 45 menit.

Setelah berhenti sejenak, termasuk membeli air minum tambahan, kami melanjutkan perjalanan kembali, masih lurus ke atas dengan tanjakan yang lebih tinggi menuju ke Tlogolele. Jarak rasanya tidak lebih dari 10 km, namun lumayan menyenangkan menikmati tanjakan-tanjakan yang terus-terus dan terus….

Seperti yang direncanakan, kami mengakhiri perjalanan menanjak di Tlogolele dan putar balik kembali ke Yogya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.