Menggunakan GO-JEK sebagai Alat Transportasi

Mengikuti antusiasme kehadiran GO-JEK, dan ketertarikan untuk mengenal GO-JEK lebih dalam, ikutan juga saya memasang aplikasi GO-JEK di iphone, melihat menu-menunya, dan akhirnya ikut menggunakan jasa layanan GO-JEK. Dan dari boncengan GO-JEK, saya bisa merasakan semangat dan antusiasnya bapak-bapak GO-JEK yang saya tumpangi bercerita dan berkisah tentang GO-JEKnya. Nah, bagi anda yang belum pernah ikut merasakan GO-JEK, monggo saya tuliskan pengalaman naik GO-JEKā€¦

Menggunakan Jasa GO-JEK

gambar-1-menu-aplikasi-gojek
gambar-1-menu-aplikasi-gojek

Untuk bisa menggunakan jasa GO-JEK, pertama kali pasang dulu aplikasi GO-JEK di gadget anda, bisa memilih, baik di IOS maupun Android based system, aplikasi ini tersedia. Mudah banget memakainya, sangat intuitive. Saat ini jasa layanan GO-JEK ada empat macam (lihat gambar 1):

    • Instant Courier untuk antar jemput barang
    • Go-Food, untuk memesan serta mengantarkan makanan dan minuman
    • Shopping, untuk keperluan membeli kebutuhan rumah tangga dan mengantarkan ke tujuan yang anda kehendaki
    • Transport, untuk jasa layanan jemput antar penumpang, seperti ojek

Kali ini kita akan fokus berbicara salah satu jasa layanan GO-JEK saja, yaitu layanan Transport. Dan mari masuk ke pilihan Transport yang bergambar sepeda motor dengan pengemudi dan penggonceng.

Di dalam menu Transport, akan segera muncul di bagian atas berupa gambar peta lokasi anda saat membuka

gambar-2-pengemudi-gojek-di-sekitar-kita
gambar-2-pengemudi-gojek-di-sekitar-kita

aplikasi tersebut, dan gambar-gambar sepeda motor GO-JEK yang berada di sekitar lokasi anda dengan gambar motor berwarna hijau (DRIVER NEAR ME), serta isian FROM dan TO yang meminta masukan dari anda untuk menunjukkan dari mana ingin dijemput dan kemana ingin diantar. Satu lagi terlihat ada item Booking Time, yang saat ini hanya bisa dipilih booking now, atau booking untuk langsung saat ini juga. (Lihat gambar 2). Bayangan saya, nantinya akan bisa dikembangkan kalau kita ingin memesan pada jam/saat yang kita kehendaki. Setelah diisi lengkap, tekan NEXT

Aplikasi akan membawa anda ke Penjelasan detail keperluan anda, dari mana ke mana dan informasi PAYMENT, harga yang perlu anda bayar nanti serta pilihan cara pembayaran yang akan anda lakukan. Saat ini ada tiga pilihan, yaitu Cash, Corporate PIN dan GO-JEK Credit.(Lihat gambar 3) Setelah diisi lengkap, tekan NEXT

gambar-3-harga-dan-pilihan-pembayaran
gambar-3-harga-dan-pilihan-pembayaran

Dan kita dibawa ke menu FINDING DRIVER untuk mencari driver yang bersedia menerima order dari kita. (Lihat gambar 4) Di sini anda bisa keluar dari aplikasi, untuk mengerjakan hal lain, atau bisa juga menunggu.

Setelah ada driver menerima order anda, di gadget anda akan muncul pesan Driver found, dan akan ada informasi dimana lokasi driver anda berada saat ini di dalam peta dan perkiraan waktu untuk sampai ke tempat anda menunggu (Lihat gambar 5).

Juga anda akan diberitahu nomor order anda, nama driver dan fotonya. Jika ingin memastikan, anda bisa juga mengirim SMS atau telpon ke driver yang sudah menerima order anda ini (Lihat gambar 6).

gambar-4-mencari-driver
gambar-4-mencari-driver

Setiap saat mulai saat itu, anda bisa terus melacak keberadaan driver anda, melihat perjalanannya dari tempat dia berada saat ini menuju ke tempat anda di dalam peta yang tersedia, yang menggambarkan titik dimana anda minta dijemput (warna kuning), titik dimana anda minta diantar (warna biru), dan posisi driver anda (gambar sepeda motor warna hijau). (LIhat gambar 7). Ketika driver sudah sampai di lokasi penjemputan, pesan akan diberikan juga yang memberitahu bahwa driver anda sudah sampai di titik penjemputan yang anda minta. Driver anda yang memakai jaket hijau bertuliskan GO-JEK akan datang, memberikan helm warna hijau, dan menawari anda masker, dan siap membawa anda ke tujuan yang anda inginkan, yang sudah anda sampaikan sebelumnya melalui aplikasi GO-JEK.

Sepanjang perjalanan dari titik penjemputan ke lokasi pengantaran, akan terus bisa dilacak di peta aplikasi GO-JEK. Jika ada teman, atau saudara anda yang ingin melihat perjalanan ini, bisa juga melihatnya, tentunya harus login dengan id anda.

gambar-5-konfirmasi-driver
gambar-5-konfirmasi-driver

Setelah tiba di tujuan, anda bisa membayar langsung ke petugas GO-JEK, atau dilakukan pemotongan Credit GO-JEK sesuai pesanan anda, dan tukang gojek akan mengconfirm di aplikasi

gambar-6-nama-driver-dan-nomor-telpon
gambar-6-nama-driver-dan-nomor-telpon

HPnya, dan segera akan memberikan anda pesan terima kasih.

Jika anda bersedia, anda bisa juga memberikan juga feedback, masukan kepada driver yang mengantar anda, sebagai bagian dari Review your experience atau driver review

Keuntungan bagi pengguna jasa GO-JEK untuk keperluan transportasi:

Berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan GO-JEK sebagai alat transportasi dan juga cerita dari teman-teman pengguna GO-JEK, berikut beberapa keuntungan bagi pengguna jasa GO-JEK:

  1. Bisa mencari ojek dari mana saja tanpa perlu berjalan ke pangkalan ojek. Dengan aplikasi gojek di tangan yang terpasang di gadget, untuk mendapatkan gojek bisa dilakukan di manapun kita berada. Saya bisa pesan dari dalam kamar sambil mempersiapkan diri sudah mulai memesan GO-JEK, dan sudah bisa mendapatkan gojek sambil bersiap-siap. Dan banyak teman di kantor yang sudah pesan GO-JEK dari meja kerjanya, kemudian keluar kantor bisa langsung berangkat. Jalan ke pangkalan, mencari ojek yang sedang di pangkalan tidak harus dilakukan lagi
  2. Tidak perlu melakukan tawar menawar dan mengetahui biaya sejak sebelum melakukan pemesanan. Biaya naik gojek sudah ditentukan dari awal sebelum pemesanan dengan harga pas dan standard sesuai jarak tempuh. Atau sesuai dengan harga promosi yang sedang berlaku. Semuanya sudah ditentukan dengan jelas sejak awal, tanpa perlu repot-repot tawar menawar
  3. Mengetahui nama dan no HP tukang ojek penjemput. Seketika setelah ada driver yang menerima order kita lewat aplikasi GO-JEK, kita langsung mengetahui Nama dan No HP dari pengemudi GO-JEK yang akan menjemput kita, termasuk fotonya. Dan jika kita anggap perlu, kita bisa melakukan pengiriman SMS atua melakukan hubungan telpon.
  4. gambar-7-keberadaan-driver
    gambar-7-keberadaan-driver

    Mengetahui perkiraan waktu kedatangan ojek ke lokasi penjemputan. Sesaat setelah diconfirm driver yang akan menjemput kita, langsung diberi informasi juga perkiraan waktu kedatangan gojek ke tempat kita minta dijemput.

  5. Terus menerus bisa melacak posisi ojek penjemput sampai ke lokasi penjemputan. Dari HP, kita juga bisa terus menerus memonitor posisi gojek yang akan menjemput kita, mulai saat menerima order, sepanjang perjalanan gojek menuju lokasi kita sampai ke tempat kita minta dijemput. Sangat menyenangkan.
  6. Bisa menunggu di tempat yang nyaman, Dengan santai kita bisa menunggu dimanapun, baik di dalam rumah, di dalam kantor maupun sambil tidur-tiduran di kamar, tanpa perlu harus tergesa-gesa menunggu di pinggir jalan, karena kita bisa terus menerus mengetahui posisi gojek yang akan menjemput kita.
  7. Keamanan Rasa aman terhadap pelayanan gojek bisa lebih dirasakan karena perusahaan Gojek telah melakukan pengetesan dan juga secara pasti memiliki data para petugas gojek.
  8. Pembayaran bisa dilakukan dengan cash atau dengan deposit GO-JEK. Cara pembayaran dengan tarif yang sudah ditentukan bisa dilakukan langsung secara cash ke pengemudi gojek, atau dengan melalui deposit gojek sesuai yang kita inginkan saat memesan. Tentunya untuk bisa menggunakan deposit gojek kita perlu mengirimkan uang terlebih dahulu ke rekening GO-JEK.
  9. Saurdara/teman kita bisa mentrack perjalanan kita dari lokasi penjemputan sampai tujuan Jika menginginkan, teman atau saudara kita, dengan cara login ke aplikasi gojek dengan id kita, bisa melakukan pemantauan sepanjang perjalanan kita dengan GO-JEK.

Salam GO-JEK.

Referral code: 542664650

Read: 120 times.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: