Setelah ditutup beberapa minggu untuk perbaikan jalan di jalur lambat ring road Utara di segmen antara persimpangan Jalan Kaliurang dan Jembatan Boyong, Asrama Haji Monjali beberapa hari ini jalur lambat sudah dibuka kembali.

Penutup saluran air di ringroad Utara dan Sepeda Balap
Penutup saluran air di ringroad Utara dan Sepeda Balap

Saat bersepeda dari arah persimpangan jlan Kaliurang melalui jalur lambat Ring Road Utara ke arah Asrama Haji, Monjali, jalur lambat sudah mulus dengan aspal hot mix.Dan para pengendara sepeda motor melaju dengan cepat di jalur lambat. Setelah salah satu tikungan jalan, terlihat para pengedara sepeda motor seperti berbelok, meembelah dua ke kiri dan ke kanan, dan ketika mendekat, ternyata para pengendara motor terlihat memilih agak menyamping ke kiri dan ke kanan menghindari konstruksi besi di tengah jalan yang digunakan untuk menutup saluran air di bawahnya.

Penutup Saluran Air di RingRoad Utara
Penutup Saluran Air di RingRoad Utara

Saya perhatikan besi penutupnya, memang membuat minggring-minggring untuk melewatinya, apalagi untuk saya yang sedang memakai sepeda model Road Bike dengan roda yang tipis.

Konstruksi penutup saluran dibuat dari besi ulir dirangkai dan dipasang dengan ruji-rujinya/arag grill sejajar dengan arah lalu lintas. Saya memilih untuk menghindari melewatinya,khawatir terpeleset atau rodanya terjepit.

Bayangan saya, kalau konstruksi penutup saluran air tersebut dibuat lebih ramah lalu lintas, mungkin dengan plat besi yang agak kasar agar tidak licin dan diberi lobang-lobang kecil, cukup untuk air bisa masuk, akan menjadi rancananga konstruksi yang lebih ramah lalu lintas dan lebih selamat.

Dari sharing di Facebook, ada beberapa masukan bagus, antara lain dari Pak Budi WS, yang melihat akan lebih bijaksana kalau pemasangan konstruksi ini dibalik, dimana arah grillnya dipasang melinatang, akan lebih aman bagi roda kendaraan, meskipun secara hidrolis, kalau aliran air dianggap sejajar dengan arah lalu lintas, pemasangan grill searah aliran air akan lebih effektif. Satu lagi masukan dari mas Arko, yang menyarakan diberi silangan agar lebih aman untuk roda kendaraan.

Semoga para ahli jalan dan pihak-pihak yang memiliki wewenang akan ha ini bisa memberi masukan dan membuat lebih baik.

Barisan Penutup Saluran Air di Ring Road Utara
Barisan Penutup Saluran Air di Ring Road Utara
Penutup Saluran Air di Jalur Lambat Ring Road Utara antara simpang Jakal dan Simpang Monjali
Penutup Saluran Air di Jalur Lambat Ring Road Utara antara simpang Jakal dan Simpang Monjali
Contoh penutup saluran air di jalan yang lebih aman
Contoh penutup saluran air di jalan yang lebih aman

Read: 66 times.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.