Hits: 0

Seru diskusi di sela istirahat sepedaan Sabtu pagi. Beragam topik dibicarakan dengan teriakan-teriakan segar, celometan dan penuh canda tawa. Salah satu topik menarik adalah mengapa kegiatan sepedaan Sabtu pagi ini masih terus menarik bagi para pesertanya, dan bahkan masih terus bertambah yang rajin hadir untuk nggenjot sepeda…

Kegiatan bersepeda Sabtu pagi bukanlah suatu kegiatan yang mudah dan ringan. Perlu banyak syarat-syarat kemauan dan usaha.

Satu syarat untuk bisa ikut sepedaan di hari Sabtu pagi ini  adalah peralatan, dimana peserta perlu membeli sepeda dan aneka macam perlengkapannya. Syarat berikutnya,  adalah bangun pagi di hari libur, di hari Sabtu pagi. Selalu ada pilihan untuk bangun pagi mempersiapkan diri untuk sepedaan, atau memperbaiki kerapatan posisi selimut, untuk terus menikmati tidur pagi di hari libur. Dan di sepanjang perjalanan, perlu tenaga lebih untuk melewati medan beragam jenis jalan,   naik turun yang menantang, kadang di bawah panas terik matahari.

Memang perlu kemauan dan usaha yang besar untuk bisa terus menerus termotivasi untuk bisa selalu ikut bergabung, bersepeda di hari Sabtu pagi ini.

Keawaten kegiatan yang tidak ringan ini, memerlukan energi dan dorongan yang besar untuk mewujutkannya. Apa energi dan dorongan yang kuat tersebut? Apakah karena kami semua memang memiliki semangat yang kuat untuk bisa hidup sehat, dan keinginan untuk hidup sehat tersebut mengalahkan segala hambatan untuk bisa konsisten, terus menerus menikmati kegiatan bersepeda ini?

Beberapa teman berpendapat, bukan itu!

Sehat adalah suatu kondisi yang diinginkan oleh semua orang, namun hanya ingin hidup sehat, sesuatu yang sulit diukur, dan sesuatu yang abstrak, akan sulit  bisa sekuat ini menjadi suatu motivasi untuk konsisten bersepeda di hari Sabtu pagi ini. Sangat sulit sesuatu yang abstrak, dan harus menunggu lama, menjadi suatu dorongan motivasi yang begitu besar dan dari sebanyak orang ini. Kecuali dari orang yang benar-benar memiliki kesadaran akan kesehatan, dan mempu mengelola keinginan itu menjadi motivasi yang kuat yaaa..

Menurut mas Akson, yang lebih mungkin, pendorong semangat untuk terus bersepeda ini adalah sesuatu yang bersifat jangka pendek, bahkan instant. Langsung terwujut dan dinikmati, dan hal itu adalah keinginan untuk bertemu banyak teman, fun, tertawa-tawa, berfoto dan melihat hasil foto di facebook, serta mengagumi diri sendiri atas capaian yang sukar diraih jika dilakukan sendirian.

Saya setuju dengan pendapat itu, memang motivasi untuk berfoto bersama teman-teman sepedaan, kemudian menikmati foto di dropbox atau di facebook, membaca komentar yang lucu-lucu menjadi suatu dorongan yang sangat kuat untuk bangun pagi di hari Sabtu, lalu bersepeda bersama teman-teman. Saat pagi tiba, pertempuran sengit berkecamuk antara terus melanjutkan menikmati empuknya kasur dan hangatnya bersembunyi di bawah selimut berpelukan, melawan bayangan segar berkeringat, tertawa-tawa dan berfoto di tempat yang menarik. Puji Tuhan keputusan untuk bangkit bangun mempersiapkan diri bersepeda lebih sering memenangkan persaingan di Sabtu pagiku ini.

 

Gaya hidup sehat….gayanya yang banyak dan memberikan dorongan yang kuat untuk terus melakukan kegiatan bersepeda di Sabtu pagi, dan bonusnya adalah hidup sehat, badan yang lebih bugar.

Ayo terus berusaha mencari hal-hal nyata yang kuat, mencari alasan apa manfaatnya bagiku, di waktu-waktu yang pendek, bahkan instant, cepat dirasakan yang berbonus hal yang positif di waktu yang panjang.

Selamat mencari alasan yang menyenangkan diri sendiri untuk bisa selalu rajin berolah raga. Selamat berolah raga.

2 Replies to “Motivasi untuk Rajin Berolah Raga”

  1. Betul mas Adi, Gaya hidup sehat, memang harus banyak GAYA nya dulu. …….., ini gabungan dari teori behavior science dan social recognition………..

  2. Suai mas Pambuka…. kalo sudah hari Jumat yang kebayang besok sabtu pagi gowes…. yg ditunggu gowes bisa celometan…. canda tawa… dan cari moment yang lucu untuk difoto kemudian dikomentari di FB atau di email… kalo akhirnya badan jadi sehat, LDL, kolesterol, uric acid, glucose dan IMT turun… itu hanya bonus saja… 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.