Bersepeda di Yogya dengan teman-teman SPSS

Sederhana, namun sangat membantu bagi orang seperti aku yang waktu itu sedang mencari teman bersepeda di Yogyakarta. Sederhana, karena hanya membuat satu page di Facebook dengan nama SPSS – Sabtu Pagi Sepeda Santai, dan mengisi dengan kegiatan-kegiatan bersepeda yang dilakukannya, termasuk memberikan informasi sebelum hari H, untuk rencana kegiatan di hari Sabtu pagi, bersepeda akan dimulai jam berapa, berkumpul di mana, dan rencana rute perjalanan. Sangat membantu, karena bagi saya atau siapapun, dengan melihat kegiatan-kegiatan bersepeda yang dilakukan, menjadi sangat tertarik dan ingin ikut serta. Dan meskipun saya berada jauh dari Yogyakarta, ketika saya dan siapapun yang berencana ke Yogya, bisa melihat informasi di SPSS, untuk tahu apa rencana kegiatan bersepeda di Sabtu depan, dan perlu kumpul di mana, jam berapa.

Sabtu, 24 Desember 2011, setelah sebelumnya mengetahui informasi adanya SPSS ini dari Rizka, pagi hari jam 05:15 saya mulai keluar rumah menuju titik temu di Simpang 4 Ring Road – Jalan Wonosari. Lumayan, sekitar 12 km nggenjot sendirian sampai di titik temu. Masih sepi, belum ada yang datang, dan mulai gerimis. Ada satu penyepeda datang, kukira salah satu rombongan SPSS, ternyata seorang penggowes pribadi dari Jakarta yang tidak tahu menahu ada kegiatan SPSS, yang berencana gowes sendirian ke arah Piyungan di pagi itu, dan berhenti di titik temu, karena ingin berteduh dari gerimis. Ngobrol sekilas-kilas, eh, nggak dinyana ternyata penggowes iniย  adalah mas Yoseph, salah satu saudara yang sudah lebih dari 20 tahun nggak jumpa. It’s a small world…

Perjalanan bersama 11 orang penyepeda diawali dengan menyusuri jalan raya Wonosari, udara sangat nyaman, setelah gerimis reda dan matahari mulai sedikit muncul. Jalan relatif datar dan nyaman. Arah perjalanan berbelok ke kanan saat memasuki pasar Piyungan, dan memasuki jalan pedesaan yang sepi dan udara yang lebih nyaman lagi, dan jalan mulai mendaki. Awal-awal pendakian masih sangat kuat dan semangat, sampai lupa bahwa teman-teman bersepeda pagi ini adalah orang-orang muda yang masih sangat kuat dan berbeda dengan aku…., sampai akhirnya, saat jalan mendaki semakin tajam, terasa lemas juga dan perlu istirahat beberapa kali.

Sangat beruntung, satu dari teman bersepeda, anggota SPSS, yang bernama mas Bayu, sangat pandai memijat, dan sangat ringan tangan untuk menyediakan diri menolong dengan memijat-mijat dengan tepat untuk mempercepat pemulihan. Teman-teman lain, yang sedikit banyak terganggu juga perjalanannya karena menunggu daku, masih terlihat sabar dan terus memberi semangat. Luar biasa anggota rombongan ini, ada yang membawa kamera cukup serius, ada yang pandai cerita lucu-lucu, ada satu anak muda (masih SMP, atlet sepatu roda Yogya), yang terus bolak-balik naik turun bukit, sementara aku terengah-engah untuk bisa terus naik.

Luar biasa indah pemandangan di sepanjang perjalanan, dari puncak bukit ini mengarah ke Utara bisa melihat gunung Merapi, dan hijau pepohonan sangat menyemangati untuk terus memuji kebesaran ciptaan Tuhan. Dan ditambah dengan kebaikan hati teman-teman anggota rombongan bersepeda. Lengkap nikmatnya. Tuhan sangat baik, menciptakan alam yang sangat indah, dan memberikan teman-teman yang ramah dan sangat menyenangkan, serta makanan nasi wader welut yang sangat enak.

Terima kasih teman-teman SPSS atas page di facebook yang sangat membantu, atas perencanaan dan pelaksanaan nyepedah yang sangat mengesankan. Kegiatan teman-teman sangat baik, berguna untuk diri sendiri dan orang lain yang ingin hidup sehat menikmati keindahan alam dengan bersepeda. Tuhan mencintai teman-teman semua. Indonesia tetap optimis untuk maju. Banyak generasi muda yang luar biasa semangat, berjiwa sosial tinggi, sehat dan berkegiatan positif untuk kebaikan. Lanjutkan mas-mas dan mbak-mbak Admin SPSS, mas-mas dan mbak-mbak penyepedah Yogyakarta.

Dokumentasi kegiatan bersepeda tanggal 24 Desember 2011 ini bisa dilihat di:

1. Album Foto 1

2. Album Foto 2

3. Endomondo

Read: 16 times.

You May Also Like

0 thoughts on “Bersepeda di Yogya dengan teman-teman SPSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: