Kembali ke sekitar 20 tahun yang lalu, saat istilah www, http baru mulai di kenal, dan belum ada website yang menyajikan informasi seperti saat ini, saat satu-satunya alamat email yang aku kenal di dalam negeri hanya alamat email teman se ruang kerjaku, saat alamat emailku puanjang banget. Inilah alamat emailku di tahun 1990an itu: uunet!lhdsy1!natasha!cpicvx!tgpva@uunet.uu.net . Rancak bana…..panjang dan lucu..

 

apakabar1Saat itu banyak mahasiswa-mahasiswi Indonesia belajar di luar negeri yang sudah memiliki alamat email, dan bergabung dalam beberapa mailing list, seperti apakabar dan parokinet  dan saat itu belum ada situs website di Indonesia, apa lagi berita-berita online uptodate seperti detik, kompas, republika.

Dan saat senggang, aku baca surat kabar Kompas, kuringkas-ringkas dan kuketik, lalu kukirim ke mailing list ini. Lucu dan aneh dilihat dari kaca mata saat ini.

Luar biasa dunia berubah dan berputar dengan sangat cepat, satu hal yang wajar di dua puluh tahun yang lalu, menjadi sesuatu yang aneh dilihat di saat ini. Ayo terus belajar, terus menyesuaikan diri agar kita selalu bisa menjadi pemain di perjalanan dunia ini, untuk terus memberi guna bagi sesama, membawa kemudahan bagi orang lain dan memberi keceriaan bagi yang kita jumpai. Terus siap untuk berubah, dengan tetap memegang nilai-nilai luhur universal sebagai pegangan hidup.

Read: 31 times.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.