Bekerja dengan Semangat Melayani

Ada banyak tempat penjualan bensin di sekitar tempat tinggalku di Rumbai ini,  atau di pinggir jalan yang searah dengan perjalananku ke Pekanbaru, dimana aku sering membeli bensin. Terlepas dari kualitas bensin yang dijual, apakah murni, bersih tanpa dicampur-campur atau nakal dengan diolah-olah agar bisa untung banyak tetapi menjadikan mesin gampang rusak, yang susah untuk diketahui pasti kondisinya, aku memiliki satu tempat penjualan bensin yang menjadi pilihanku,  yaitu tempat penjualan bensin  di Jalan Sembilang.

Sangat menyenangkan saat membeli bensin di tempat ini:

  • Infrastruktur: Pompa bensin dirancang dan dibangun dengan baik, antara lain:
    •  tempatnya luas, lapang, dan tempat pompanya jauh ke dalam, sehingga banyak mobil bisa langsung masuk untuk antri tanpa mengganggu lalu lintas di jalan.
    • Memiliki jalur yang lumayan banyak, dan juga memiliki jalur antrian khusus untuk sepeda motor, sehingga antar mobil dan antara mobil dan sepeda motor bisa saling antri dengan nyaman
  • Fasilitas pendukung: Tersedia fasilitas ATM dari 2 bank besar yang memudahkan pengambilan uang, baik yang diperlukan untuk membeli bensin sendiri maupun untuk keperluan lain
  • Semangat para karyawannya: Ini hal yang terakhir yang saya sampaikan, namun bagi saya ini menjadi satu hal yang paling menarik, yang membuat saya senang menjadi pelanggan di pompa bensin ini. Hampir semua karyawan di tempat ini, saya lihat sangat semangat, penuh perhatian dan hangat menyambut pembeli yang datang:
    • Mulai dari petugas keamanannya yang secara aktif selalu mengarahkan matanya ke semua penjuru, termasuk ke pintu masuk, dan ketika ada mobil masuk, langsung cepat menatap ke pengemudi mobil dan mengarahkan ke mana sebaiknya pengemudi mengarahkan mobilnya. Petugas keamanan terus mengarahkan mobil sampai menempatkan di depan pompa yang dimaksud dan memberi aba-aba ketika sampai di titik yang terbaik
    • Petugas penjualan: Sementara petugas  keamanan mengarahkan mobil, petugas penjualan yang sedang kosong tidak melakukan penjualan akan mulai memperhatikan mobil yang bergerak, dengan aktif mengikuti arah gerak mobil, sambil tersenyum menyambut, mendekat ke arah tempat bensin mobil, dan langsung membuka tutup tangki bensin,  ketika pengemudi telah membuka tutup luarnya. Dan ketika pengemudi mobil keluar mobil, petugas penjualan langsung menyapa ramah, memberikan perhatian dan menyimak apa yang diinginkan pembeli. Sebelum memberikan pelayanan, selalu memberi konfirmasi, jenis bahan bakar yang akan dibeli (premium, solar, petramax), dan menunjukkan angka meteran di posisi nol. Dan keramahan ini ditunjukkan terus dengan tulus sampai selesai memberikan pelayanan.

Saya yakin, pemilik/manajemen pompa bensin ini memiliki konsep yang jelas bagaimana membuat pompa bensinnya berbeda dengan pompa bensin yang lain, yang sudah mulai memikirkan dan membangun secara baik,lengkap infrastuktur fisik dan tenaga kerjanya.

Semangat kerja yang tinggi, penuh antusias melayani pelanggan memang membuat kondisi yang nyaman. Ayo semangat untuk belajar meniru yang baik ini.

Read: 45 times.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: