Hits: 0

AC di kamar Mita bocor, menetes banyak air setelah dihidupkan beberapa saat. AC di kamar Mita ini memang AC lama, dari pemilik rumah yang lama, yang tentunya sudah lama juga dipergunakan, dibanding AC di kamar bawah yang baru dibeli tahun lalu. Mita sudah menelpon ahli service AC, dan pagi tadi datang dua orang yang siap dengan peralatannya untuk melakukan perbaikan AC

Dua orang yang sangat profesional dalam bidangnya, satu orang langsung menggeser-geser tempat tidur, memindahkan buku-buku di bawah AC, kemudian memasang tangga di bawah AC, dan menempatkan plastik pelindung sekaligus untuk meluncurkan air ke bawah, ke tempat penampungan air yang sudah dibawanya juga. Dan satu orang yang lain mencari air satu ember, kemudian memasang selang air plus pompa air yang dibawanya, ready to work together as a team.

Pekerjaan dilakukan dengan sangat baik, mulai dari membuka tutup AC, membersihkan seluruh permukaan AC, termasuk “mesin ACnya” dengan rapi. Sangat disayangkan mereka berdua tidak dilengkapi dengan alat pelindung diri yang tepat. Mereka tidak menggunakan google untuk melindungi mata, padahal ¬†pekerjaan ini beresiki masuknya kotoran dari AC ke mata, juga masuknya obat pembersih ke mata. Dan pagi tadi memang hal itu terjadi, petugas yang membersihkan Ac, tiba-tiba berteriak sambil menutup matanya, pedih katanya, dan kutuntun masuk ke kamar mandi untuk membersihkan matanya dari cairan obat pembersih Ac yang sempat menyelinap ke matanya. Dan ketika saya sampaikan bahwa seharusnya mereka berdua memakai alat pelindung mata, mereka mengatakan dari dulu nggak pernah pakai pak, dan kejadian seperti ini jarang banget terjadi……..

ac

 

Juga saat melakukan pembersihan “mesin AC” yang dipasang di luar rumah, digantung di dinding diatas genting lantai bawah, mereka benar-benar bekerja seperti spiderman, menggelantung, berpegangan saja ke besi-besi penyangga AC dan pegangan apa adanya di dinding itu, tanpa ada alat pelindung diri lainnya untuk memastikan mereka aman ¬†kalau-kalau pegangan tangan lepas…….

Dan pekerjaan pembersihan AC, yang ternyata memang sudah sangat kotor, dan buanyak banget semut yang bersarang di dalam AC, bisa diselesaikan dengan baik termasuk menggambar-gambar di sekitar AC dengan kapur ajaib anti semut di sekitar AC. Pekerjaan diakhiri dengan melakukan pembersihan-pembersihan areal kerja, menyapu, mengepel dan mengembalikan semua peralatan yang tadi di geser-geser ke tempat semula. Semua pekerjaan diselesaikan dengan baik, sangat memuaskan dalam waktu sekitar satu jam, dan ongkos yang diminta Rp 38,000,-.

Terima kasih bapak-bapak yang baik, semoga selalu semangat bekerja, dan mendapatkan alat pelindung diri yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.