Selama pandemi keinginan untuk gowes tidak berhenti. Gowes di dalam rumah menjadi salah satu alternative. Gowes indoor ada beberapa pilihan tergantung kebutuhan. Gowes indoor dengan non smart trainer, yang penting gowes dan berkeringat. Atau gowes indoor dengan smart trainer, terhubung ke aplikasi permainan zwift sambil menikmati gowes virtual bersama banyak teman di seluruh dunia. A lot of fun.

Galau di tengah pandemi untuk sepedaan keluar rumah, akhirnya menemukan pilihan lain. Nikmat banget dua  minggu di rumah, gowes di Zwift dengan  non smart trainer plus speed sensor. Nggak tahan pingin  coba pakai smart trainer. Banyak banget pilihan smart trainer, tapi sulit cari di pasar di saat pendemi ini. Habis kabeh. Dan pas banget, ada keponakan teman yang tidak suka dengan trainernya karena biasa pakai MTB. Ya sudah, pas..langsung jadi.

Tacx flux datang lewat paket dengan dua bagian, “mesin” dan “kaki”. Gampang banget masangnya, tinggal di sambung mak plek plus ditambah frame sepeda dan asesorisnya. Seperti biasa, dibantu mas Rofi merakitnya.

Google Photo

Tahapan mempersiapkan Tacx Flux untuk terhubung ke Zwift:

  1. Perangkat keras: Rakit Tacx Flux (sederhana..pasang mesin dan kaki)dan pasang frame sepeda
  2. Perangkat lunak: Pasang software Tacx Utility di HP. Saya pasang di samsung android
  3. Setting Tacx Flux: tancapkan ke listrik…dan buka aplikasi Tacx Utility. Lakukan testing dan kalibrasi.
  4. Pastikan tacx flux sudah dikenal di aplikasi tacx utility. Lakukan testing, kemudian lakukan kalibrasi dengan cara sederhana.diminta mengayuh pedal sampai kecepatan 20 km/jam, kemudian stop kayuh. Done
  5. Hubungkan ke Zwift. Pastikan dulu sudah pasang sofware Zwift. Saya pasang juga di HP Samsung Android. Paling bagus sebenarnya dipasang di PC/notebook atau TV layar lebar …akan lebih seru menikmati gowes virtualnya. Prinsipnya hubungkan dengan device yang bisa bicara dengan protokol bluetooth ke Tacx Flux. Hampir semua device jaman now bisa ngomong pakai bluetooth
  6. Aktifkan Zwift, dan dari connect. Power…Zwift akan mencari sendiri device yang ada disekitarnya. Ketemu Tacx flux, dia langsung bisa menangkap power, cadence dan speed.
  7. Dah…langsung bisa sepedaan dengan Zwift.

Memakai smart trainer memang terasa bedanya dengan menggunakan non smart trainer yang sudah saya lakukan sebelumnya:

  1. Data yang ditangkap Zwift lebih banyak. Kalau kemarin pakai non smart trainer saya hanya bisa lihat kecepatan. Karena saya tidak punay cadence sensor. Dengan Tacx Flux ini saya bisa dapat informasi power, cadence dan kecepatan. Eh, pakai non smart trainer bisa dapat power juga hasil dari olahan Zwift. Dengan Tacx Flux informasinya lebih akurat
  2. Sensasi berat ringan kayuhan. Nah ini yang bener-benar hanya bisa didapat dari smart trainer. Kayuhan akan menjadi lebih merat ketika kontur jalan menanjak. Tanjakan lebih tajam, berat kayuhan lebih josssss. Sekarang malah ada alat tambahan yang dipasang sebagai pengganti roda depan berupa strktur mekanik yang bisa naik turun sesuai kontur jalan. Jadi stang akan ikut naik seperti menanjak beneran. Makin asyik.

Gampang khan…..

Google Photo

 

Bagi yang belum familiar dengan Zwift. Zwift adalah aplikasi game. aplikasi permainan yang bisa dipasang di PC/notebook/apple TV/HP android/HP IOS, dan bisa menyajikan permainan sepedaan dan lari. Online melalui Internet.

Untuk demo menikmati 25 km pertama bisa dilakukan dengan bebas/gratis. Setelah itu, jika ingin berlanjut perlu daftar dan membayar Rp 200.000/bulan dengan gratis di 7 hari pertama. Bagi yang suka bersepeda atau lari dan merasa was-was untuk beraktifitas di luar, beraktivitas dengan Zwift hampir pasti akan menjadi solusi, agar gowes selalu bisa fun.

Zwift memberikan sensasi sepedaan bener-bener secara virtual. Ada pilihan gowes sendirian santai-santai di rute-rute yang tersedia, bisa ikut latihan terprogram, atau ikut event-event gobar. Event gowes bareng. Atau ikut balapan-balapan. Gowes fun dengan Zwift

Pilihan balapan dan gobar juga ada  pilihan kualifikasi tergantung kekuatan masing-masing.

Ayolah…

 

 

Read: 26 times.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.