Jembatan Gantung Talun
Jembatan Gantung Talun

Hampir dua minggu tidak gowes, dan mulai gowes lagi ternyata memang memerlukan usaha yang lebih besar dibanding jika rutin bersepeda. Pagi itu, Sabtu, 25 Juli 2015, kami menjalani latihan pertama mempersiapkan diri untuk acara Gowes Merdeka yang rencananya akan dilaksanakan hari Sabtu, 15 Agustus 2015 mengelilingi Merapi dengan jarak sekitar 100 km lebih. Bukan jaraknya yang menantang, namun elevasi puncak yang akan kami lewati di antara gunung Merbabu dan Merapi, yang memerlukan perhatian dan latihan bertahap sebelum hari H.

Latihan pertama ini targetnya memang tidak muluk-muluk, hanya dari Yogya ke Muntilan kemudian lanjut sampai ke Talun, daerah tanjakan pertama calon rute Gowes Merdeka. Rombongan berkumpul di perempatan lapangan Dengung Sleman sesuai janji jam 05:30. Kami bersama berangkat sekitar jam 06:00 menuju ke Muntilan, dan perjalanan yang melalui jalan raya Yogya-Semarang, kami jalani sekitar 1 jam dengan jarak sekitar 18 km. Jalan relatif datar sedikit mendaki. Kami beristirahat sejenak di depan Klenteng, dekat warung Sup Empal Muntilan, yang rencananya akan menjadi tempat regrouping saat gowes merdeka nanti. Sayang hari Sabtu itu masih hari terakhir sup empal tutup dalam rangka liburan lebaran. Jadi kami cukup berdiri-berdiri di luar warung

 

Jembatan Gantung Talun
Jembatan Gantung Talun

Dari jalan raya Muntilan ini kami belok ke kanan, lurus menuju Talun. Jalan memang relatif lurus dan mulus, tetapi sangat konsisten terus mendaki, terus mendaki melewati kantor kecamatan Dukun, masih terus mendaki melewati pasar Talun, dan kami masih terus berlanjut sampai kira-kira 9 km dari Muntilan, di suatu pertigaan jalan yang rencananya akan menjadi tempat regrouping ke dua nantinya. Memang jalan tidak tajam mendaki, hanya sedikit mendaki, namun terus menerus, mirip seperti kami melakukan perjalanan menuju ke Pakem dari Yogya, hanya jaraknya lebih pendek. Jarak yang tidak lebih dari 10 km ini kami tempuh dalam waktu sekitar 45 menit.

Sepanjang perjalanan, pak Mus dan dr. Haryanta terus berkomunikasi, terus berkoordinasi untuk bersepakat mencari tempat-tempat grouping dan mengukur waktu perjalanan, baik untuk rombongan depan maupun rombongan belakang.

Sesuai rencana, kami memutuskan untuk mengakhiri pendakian di tempat ini, untuk kembali ke arah Yogya. Namun sebelum berbalik arah, sejenak kami berfoto-foto di jembatan gantung yang berjarak sekitar 400 meter ke arah kiri (bukan merupakan jalur ke arah Tlogolele yang akan kami lalui nanti saat gowes Merdeka).

Perjalanan kembali ke arah Muntilan kami lalui dengan sangat nyaman, lha wong jalannya turun terus. Dari Muntilan berlanjut menyusuri jalan raya Semarang Yogya sampai ke Tempel, dan kami berbelok ke kiri menuju Pulowatu, untuk turun kembali ke Yogya melalui jalan Palagan.

Jembatan Gantung Talun
Jembatan Gantung Talun

Pagi yang carah dan menyenangkan untuk memulai bersepeda kembali. Hari Sabtu ini total dari rumah sampai ke rumah kembali di Nandan, jarak yang kutempuh hampir 72 km. Lumayan…..Sampai jumpa di latihan minggu-minggu berikutnya ke depan menuju ke Gowes Merdeka 15 Agustus 2015. Jangan lupa, Sabtu depan, 1 Agustus 2015 latihan dengan jalur yang sama akan dilakukan, dengan lanjut sampai Tlogolele..naik lagi..Jadi jalur lengkapnya akan Yogya-Dengung-Tempel-Muntilan-Talun-Tlogolele. Ayo gabung!

capture-from-strava
capture-from-strava

hbr

Read: 92 times.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.